Minggu, 07 Februari 2010

Carilah solusi dari mimpi Anda


Carilah solusi dari mimpi Anda

dreamlucd“Saat pikiran mandek, tidurlah. Otak akan bekerja sendiri menemukan solusi jitu untuk masalah Anda.”
Benarkah kata-kata di atas? Benarkah mimpi menawarkan sebuah solusi bagi permasalahan kita? Banyak yang meragukannya. Meskipun kata-kata di atas cukup populer dan sering didengung-dengungkan orang dari generasi ke generasi, namun belum ada data yang membuktikannya. Setidaknya sampai para peneliti dari Universitas Alberta dan Montreal memublikasikan temuannya dalam Journal of Sleep Research edisi Desember 2004.
Para peneliti dari Universitas Alberta dan Universitas Montreal, Kanada, telah melakukan penelitian terhadap 470 mahasiswa psikologi untuk mencari tahu peran mimpi. Mereka menemukan bahwa kejadian-kejadian yang diingat sepanjang hari tidak hanya mempengaruhi mimpi pada malam harinya. Mereka menemukan bahwa kejadian-kejadian itu tetap mewarnai mimpi-mimpi yang terjadi  6 hingga 7 hari sesudahnya. Itu artinya, kejadian luar biasa yang terjadi dan diingat pada hari Minggu, masih mungkin untuk terus mewarnai mimpi hingga hari Sabtu berikutnya.
Mimpi yang terjadi pada malam hari kejadian dengan mimpi yang terjadi pada malam-malam sesudahnya dibandingkan oleh para peneliti. Hasilnya mengejutkan. Ternyata mimpi-mimpi yang terjadi sesudah malam kejadian lebih merefleksikan interaksi interpersonal, resolusi masalah, dan emosi positif. Itu artinya, menurut para peneliti mimpi dari dua universitas tersebut, mimpi yang tertunda itu membantu seseorang untuk mengatasi persoalan pribadinya.
Dr. Don Kuiken, Profesor Psikologi dari Universitas Alberta mengatakan, ”Temuan itu mengindikasikan bahwa ada usaha pemecahan masalah dalam mimpi-mimpi selama seminggu setelah mendapatkan permasalahannya. Mimpi itu sendiri merupakan bentuk penyembuhan.”
Sumber:
University Of Alberta (2005, January 12). Need A Solution? In Your Dreams. ScienceDaily. Dari http://www.sciencedaily.com/releases/2005/01/050111183922.htm
www.psikologi-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar